:)

:)
waktu jadi pengibar bendera

Rabu, 04 Maret 2009

Orangeeeeee

jerukkkkkkkkkkk,,,,
Yup buah yang sangat di sukai banyak people,,,,,
Bulet,kuning orange,imut imut dech pokoknya,,,,,,,,,
kadang-kadang ga semua buah jeruk tu manies,,ada yang asem kecut gitu dech
Tapi di balik rasa asemnya,jeruk tu punya manfaat and khasiat mungkin yaaaaaaaaaa
apa za ci:::::::::

Khasiat Buah Jeruk Dalam Thibbunnabawi

Rasulullah bersabda, “Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an ialah seperti buah jeruk, rasanya manis dan aromanya harum” (HR. Bukhari 8/59 dan Muslim (797)

Utruj (jeruk) memiliki banyak manfaat. Ia tersusun dari beberapa unsure, meliputi: Kulit, daging buah, zat asam dan biji. Diantara manfaat kulit jeruk ialah jika diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangu bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Penulis kitab Al-Qanun mengatakan, “Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.”

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Al Ghafiqi menuturkan, “Memakan dagingnya bermanfaat terhadap wasir (sembelit).”

Sedangkan mengenai manfaat bijinya, Ibnu Marwaih mengatakan, “Khasiat bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air redaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.”

Yang lainmengatakan, “Khasiat biji sitrun bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan.”

Sedangkan yang lain mengatakan, “Bijinya bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.”

Karena manfaatnya yang demikian banyak, maka pantaslah jika jeruk dijadikan permisalan bagi eksistensi seorang mukmin yang gemar membaca Al-Qur’an.

http://rumametmet.com/?paged=11http://b.1asphost.com/budidaya/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar